Jagoan adu otak
Di usia-usia seperti saya yang sudah tidak sekolah atau kuliah dan malah jadi budak kapitalisme, keseharian memang lebih sering dilakukan untuk mengerjakan deadline. Praktis, sel-sel otak hanya akan bertemu dengan tugas yang bisa dibilang ‘itu-itu saja’.

Merasa bosan?

Sudah pasti.

Kadang rasa rindu kembali duduk di bangku sekolah sering saya alami. Momen saling berdebat dengan teman sebangku atau satu genk soal mata pelajaran yang bakal diujikan seperti matematika, fisika, kimia, biologi dan bahasa Inggris tanpa saya sadari sangatlah bernilai. Dan nostalgia itu makin terasa ketika kita sudah dewasa dan harus memikul tanggung jawab baru, seperti fase yang saat ini tengah saya rasakan.

Mungkin memang benar kata orang, mereka yang sudah dewasa bisa dengan mudah mendapatkan uang, tapi sangat sulit memperoleh waktu. Entah waktu untuk bersantai atau waktu untuk belajar kembali, sekadar membuat otak terasah.

Padahal bagi seorang penulis lepas sepertiku, membuat otak senantiasa terasah adalah hal utama karena berkaitan dengan kemampuan multitasking.

Dan bicara soal multitasking, tentu berkaitan dengan kemampuan otak untuk berkonsentrasi yang sudah seharusnya terus meningkat. Apakah ini artinya kita harus tetap menyisihkan waktu di sela-sela pekerjaan untuk kembali bersekolah? Mengerjakan berbagai soal-soal mata pelajaran?

Tentu tidak!

Karena saya sekarang sudah memiliki solusinya lewat fitur ZenCore yang ditawarkan oleh aplikasi Zenius.

Kenalan dengan ZenCore, Solusi Biar Cerdas Beneran

Ganti cara belajar lewat ZenCore di Zenius

Sudah berdiri sejak tahun 2004, Zenius yang berawal sebagai tempat bimbingan belajar offline kini sudah menjelma menjadi salah satu platform pembelajaran online terbaik di Indonesia. Hingga Desember 2020, Zenius sudah digunakan lebih dari 16 juta pengguna di Tanah Air, membuktikan kalau mereka adalah penggerak utama roda revolusi pendidikan di Indonesia.

Demi mewujudkan revolusi pendidikan itu, Zenius fokus pada pembelajaran cara berpikir kritis, logis dan rasional. Hal inilah yang memicu lahirnya fitur ZenCore yang dirancang dengan pendekatan adaptive learning. Lewat metode ini, kita nggak harus kok lulusan sarjana dengan IP sempurna untuk bisa menyelesaikan seluruh soalnya, karena memang soal-soal dalam ZenCore dibuat sesuai dengan level pemahaman serta pengetahuan yang kita punya. Keren, kan?

Mau kalian gunakan untuk persiapan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum), UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer), Ujian Mandiri Universitas dan Sekolah Kedinasan, Tes CPNS, rekrutmen pekerjaan sampai mengasah otak demi keseharian, ZenCore akan mewujudkan keinginan ‘cerdas beneran’ untuk semua lapisan masyarakat.

Lewat ZenCore, Zenius ingin mengajak semua orang untuk ganti cara belajar yang lebih efektif dan efisien lewat skill dan knowledge yang harus dikuasai setiap manusia, tak peduli jenjang pendidikan atau latar kehidupannya. Berikut penjelasannya:
  • Fundamental Skills: Sangat penting sebagai upaya pemanasan otak karena membantu melatih cara berpikir agar makin cerdas. Fundamental Skills ini bisa dilatih di ZenCore bagian CorePractice
  • Insightful Knowledge: Agar semua orang bisa melihat dunia lewat berbagai perspektif dan sudut pandang berbeda, diperlukan berbagai informasi pengetahuan yang insightful seperti filsafat, basic sciences, big history dan lain-lain. Hal yang bisa membuat kalian jadi jagoan adu otak ini bisa didapatkan di fitur ZenCore pada aplikasi Zenius bagian CoreInsight
Tentu dengan menguasai kedua hal di atas, mewujudkan diri menjadi pribadi yang multitasking dan benar-benar cerdas di sela kesibukan dunia orang dewasa, bukanlah sekadar impian lagi.

Baca juga:

Serunya Asah Otak Lewat Fitur ZenCore

soal kuis Pemanasan Otak ZenCore

Demi mewujudkan misi besar agar semua penggunanya bisa jadi jagoan adu otak, CorePractice dan CoreInsight memang jadi sarana unggulan ZenCore. Khusus untuk CorePractice, kalian bisa meningkatkan kemampuan fundamental skill lewat 153 ribu soal. Ada tiga kategori kuis yang akan menguji kemampuan otak kalian yakni Matematika, Verbal Logic dan Bahasa Inggris.

Tak perlu berkerut dan keringat dingin seperti saat mau ujian di sekolah dulu, kuis-kuis di CorePractice ini dapat dimulai dari level 1 hingga level 100. Kalian harus menyelesaikan delapan soal di setiap levelnya dengan waktu maksimal 120 detik. Tentunya makin cepat menyelesaikan soal dalam kuis tanpa asal jawab, nilai kalian pun bakal memuaskan.

Seperti apa kategori-kategori kuis di CorePractice yang pastinya akan bisa jadi solusi pemanasan otak sebelum bekerja ini?

1. Matematika

Sebagai mata pelajaran yang banyak dibenci anak sekolah, matematika justru membuktikan bahwa mereka adalah solusi paling dasar untuk meningkatkan kemampuan otak karena mengajak kita berpikir logis dan rasional. Lewat penelitian Cresswell dan Speelman (2020), partisipan yang mengikuti mata pelajaran matamatika terbukti lebih mampu mengerjakan soal-soal penalaran rasional dan logis.

Tak heran kalau akhirnya matematika muncul sebagai kategori pertama di kuis CorePractice. Kalian akan berjumpa dengan soal-soal operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian di level-level awal, sebelum akhirnya makin rumit dan tentunya membuat otak makin terasah.

2. Verbal Logic

Sesuai dengan namanya, soal-soal di kategori kuis Verbal Logic ini lebih fokus pada berbagai pertanyaan sederhana yang harus dijawab dengan logika. Kalian bakal menemukan soal yang berisikan gambar benda sehari-hari di level-level awal, sebelum akhirnya jadi makin penuh tantangn lewat soal sebab-akibat

3. Bahasa Inggris

Sebagai bahasa internasional, tak heran kalau kategori kuis bahasa Inggris juga bisa kalian jumpai di ZenCore. Kalian akan berjumpa dengan soal-soal tenses serta vocabulary, sampai akhirnya kemampuan grammar. Sebelum akhirnya seperti dua kategori sebelumnya, soal pasti bakal makin rumit seiring dengan level meningkat.

Seru banget kan?

Hal inilah yang akhirnya membuat saya benar-benar yakin bahwa ZenCore yang ditawarkan Zenius ini, adalah pilihan tepat bagi kalian yang ingin ganti cara belajar jadi lebih efisien. Tidak sulit kok untuk bisa mengasah otak dengan ZenCore ini karena kalian tinggal pasang Aplikasi ZenCore untuk iOS atau Aplikasi ZenCore untuk Android, sesuai dengan sistem operasi ponsel masing-masing.

Saya memakai ZenCore
Saya memakai ZenCore agar jadi jagoan adu otak
Baca juga:

Eits, kalian juga bisa ikutan Pekan Olahraga Otak lhoh!

Apa Sih Pekan Olahraga Otak itu?

Jadi Zenius sekarang sedang menggelar event bersama dengan Primagama bertajuk Pekan Olahraga Otak x Fiesta Primagama. Buat kalian yang anak-anak milenial, pasti tahu dong dengan Primagama yang emang udah legend banget sebagai tempat bimbingan belajar terdepan di era 2000-an.

Nah, Pekan Olahraga Otak x Fiesta Primagama ini emang digelar Zenius dalam rangka ulang tahun Primagama ke-40. Event ini sendiri udah digelar sejak 28 Maret sampai 24 April 2022 nanti yang emang bertujuan memberi first experience kepada para pengguna Zenius yang belum pernah mencoba keseruan fitur ZenCore, serta more experience buat kalian yang rutin memakai ZenCore.

Pemenang untuk event ini bakal dinilai dari skor total masing-masing di setiap kategori kuis ZenCore. Tentu kalau kalian makin sering pake Zenius dan melakukan pemanasan otak rutin bareng ZenCore, peluang menang jelas terbuka lebar.

Digelar setiap dua minggu sekali, Pekan Olahraga Otak ini juga menjanjikan banyak banget hadiah menarik. Mulai dari iPad 9, Samsung Smart Watch 4, Xiaomi Haylou, Solar LS05, JBL T450 dan hadiah hiburan untuk lima peserta beruntung lainnya. Nanti untuk informasi pemenang bisa kalian lihat di akhir periode lomba atau seminggu setelahnya di Instagram @zeniuseducation dan @primagama_id.

Jadi tunggu apalagi? Yuk jadi #JagoanAduOtak lewat #GantiCaraBelajar dengan ZenCore dari Zenius sekarang juga! Karena makin sering lakukan #PemanasanOtak, kalian bakal bersinar dan menang besar di #PekanOlahragaOtak.

11 Komentar

  1. Wow adanya ZenCore ini sangat membantu banget untuk masa sekarang ini. Apalagi pas musim test CPNS gitu yang sering kelabakan nyari kisi-kisi wkwk.

    Alhamdulillah sekarang ada ZenCore ini bisa jadi rekomendasi aku nanti.

    BalasHapus
  2. Wah lumayan banget nih. Aku jadi penasaran juga pengen nyoba dan menangin hadiahnya hehe

    BalasHapus
  3. Wowww keren banget nih Zenius. Dulunya tempat bimbingan belajar offline kini sudah menjelma menjadi salah satu platform pembelajaran online terbaik di Indonesia

    BalasHapus
  4. Seru banget ya Zencore dari Zenius. Bisa untuk latihan UTBK, tes mandiri universitas, dan sebagainya. Kudu dimanfaatkan baik2 nih

    BalasHapus
  5. wah ternyata manfaatnya banyak sekali yaaa .. jadi mau coba nie siapa tahu cocok dgn kebutuhanku

    BalasHapus
  6. Wah seru ada lomba Pekan Olahraga Otak di ZenCore. Wajib ikutan nih biar sekalian mengasah skill dan menambah pengetahuan. Zenius emang pilihan tepat buat semua kalangan.

    BalasHapus
  7. wah zencore selalu punya cara agar ootak kita tetap aktif ya hehehe, akupribadi suka dengan game wawasan dan mengasah skill gini ..

    BalasHapus
  8. keren nih programnya Zencore, emang otak kalau kelamaan 'rebahan' bisa menurun ya kinerjanya hehe.. kudu rajin diajak olahraga nih otak :)

    BalasHapus
  9. Aku juga rutin pemanasan otak di ZenCore. Paling suka ngerjain yang matematika. Seru banget.

    BalasHapus
  10. Oh zencore tuh bagian dari zenius. Gak diragukan lg, udh pasti bermanfaat tuk asah otak

    BalasHapus
  11. yukk yukk ngincer yg mana nih hadiahnya dari kemenangan jagoan adu otak? hihi. Mantap banget lahh

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama