Inilah Lima Alasan yang Membuatku Yakin Memiliki Asuransi Perjalanan

asuransi perjalanan
foto: Charlotte Noelle/UNSPLASH

Sahabat Awan, pada pertengahan Februari 2023 kemarin, aku terlibat dalam sebuah ekspedisi selama 10 hari di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat bersama AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara). Perjalanan yang memang sejak awal sudah dipastikan menantang itu jelas sangat kunantikan sejak tahun 2022.

Hanya saja sebagaimana manusia yang cuma bisa merencana dan tunduk pada ketetapan Tuhan, ekspedisi yang membawa banyak sekali mimpi untuk masyarakat Dayak pedalaman itu harus berakhir di hari keempat. Kala kami serombongan melintasi sungai Batang Kawa, musibah terjadi sampai akhirnya aku harus rela patah tulang di bagian telapak kaki kiri.

Tentu musibah yang tak kuinginkan ini mengubur semua rencana traveling-ku selama satu tahun. Setidaknya selama enam minggu sejak operasi tanggal 22 Februari, aku tidak boleh menggunakan kaki kiri untuk menapak. Pun demikian selama enam bulan ke depan, aku harus rela berlatih jalan kembali menggunakan tongkat hingga akhirnya benar-benar sembuh.

Apakah ini membuatku kapok melakukan traveling lagi?

Tentu tidak sama sekali!

Perjalananku di Kalimantan ini justru memberikan sebuah pelajaran berharga. Mengenai bagaimana seharusnya kita menyiapkan sesuatu secara matang. Termasuk urusan traveling dan jaminan perlindungannya.

Kenapa Harus Memiliki Asuransi Perjalanan?

alasan beli asuransi perjalanan
foto: Priscilla du Preez/UNSPLASH

Dengan pelajaran berharga yang kudapat dari ekspedisi di Kalimantan, aku tahu kalau asuransi perjalanan adalah hal yang sangat kubutuhkan. Terutama bagi kedua orangtuaku, sehingga mereka di rumah juga tetap bisa tenang saat melepasku traveling. Bukan tak mungkin setelah musibah kaki patah itu, kedua orangtuaku akan jauh lebih cerewet saat aku hendak liburan.

Setidaknya menurutku, ada lima alasan utama kenapa asuransi perjalanan adalah hal penting bagi seorang traveler:

1. Tanggungan Kecelakaan

Saat aku mengalami musibah kaki patah, beruntung ekspedisi yang kami jalani sudah dilindungi oleh asuransi jadi seluruh biaya pengobatan mulai dari operasi dan keperluan di rumah sakit sudah ter-cover. Hal inilah yang semakin meyakinkanku kalau aku memang sangat membutuhkan asuransi perjalanan saat traveling di kemudian hari. Karena asuransi perjalanan memang menanggung biaya rumah sakit hingga santunan kematian.

2. Jaminan Bagasi

Pesawat terbang bisa dibilang sebagai mode transportasi utamaku saat traveling dalam tiga tahun terakhir. Aku memang belum pernah kehilangan atau mengalami kerusakan bagasi saat penerbangan. Hanya saja menjaga diri dari kemungkinan terburuk wajib dilakukan, sehingga membeli asuransi perjalanan yang bisa memberikan ganti rugi jika kehilangan barang di bagasi sangat diperlukan.

3. Ganti Rugi Keterlambatan

Sebagai orang yang tidak terlalu well prepared, aku pernah beberapa kali ketinggalan pesawat yang membuatku harus membeli ulang tiket. Pengalaman ini yang membuatku makin yakin memiliki asuransi perjalanan karena ternyata beberapa travel insurance menawarkan layanan ganti rugi keterlambatan. Jika Sahabat Awan mengalamai delay hingga lebih dari 12 jam dan menimbulkan kerugian mulai dari penginapan atau biaya lain, kalian bisa mengajukan klaim biaya akomodasi ke travel insurance.

4. Biaya Pengobatan Darurat

Tak ada satupun traveler di dunia ini ingin sakit saat sedang melakukan trip. Namun jika itu terjadi, apa yang bisa dilakukan? Tentu jika mempunyai asuransi perjalanan yang menyediakan tanggungan pengobatan darurat, kondisi ini bukanlah masalah. Andai saja kalian jatuh sakit di tempat traveling dan butuh dana darurat untuk membeli obat, tinggal klaim saja travel insurance.

5. Biaya Kunjungan Keluarga

Nah, inilah alasan terakhir kenapa traveler wajib punya asuransi perjalanan. Bayangkan saja Sahabat Awan mengalami kecelakaan di India sedangkan keluarga di Indonesia, tentu akan ribet memberangkatkan mereka ke India. Namun beberapa produk asuransi perjalanan menawarkan jaminan untuk biaya kunjungan keluarga. Sehingga kita bisa tenang melakukan pengobatan di tempat asing ditemani kerabat dengan lebih tenang.

Bagaimana Sahabat Awan? Yakin banget kan kalau asuransi perjalanan itu hal penting sebagai seorang traveler? Untuk itu kalau kalian memang hobi singgah di tempat-tempat baru dan menikmatinya sepertiku, membeli perlindungan diri selama traveling adalah hal utama.

Kalian bisa mengecek seperti apa sih produk asuransi perjalanan yang terbaik hanya di cekpremi.com. Sesuaikan dengan kebutuhan traveling, maka Sahabat Awan akan menemukan travel insurance yang paling tepat dan selalu tenang saat liburan.

Posting Komentar

0 Komentar