Wajib Tahu, Ini 4 Tren Terbaru dalam Bisnis Afiliasi

bisnis afiliasi
foto: Austin Distel/UNSPLASH

Sahabat Awan, saat ini bisnis afiliasi menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para pengusaha untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan mereka. Melalui bisnis afiliasi, terjalin sebuah sebuah bentuk kemitraan antara perusahaan dengan para affiliasinya.

Dalam perkembangannya, bisnis afiliasi rupanya memiliki tren terbaru yang dapat meningkatkan penjualan dan penghasilan. Menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, saat ini afiliasi setidaknya punya empat tren terbaru yakni memakai media sosial, video marketing, tautan afiliasi dengan arahan jelas serta tentunya website yang ramah mobile.

Nah, supaya Sahabat Awan semakin paham, berikut penjelasan masing-masing tren baru bisnis afiliasi:

1. Afiliasi dengan Media Sosial


Tren pertama dalam bisnis afiliasi adalah menggunakan media sosial. Dengan semakin meningkatnya gaya hidup serba internet, rupanya meningkat pula penggunaan media sosial. Saat ini banyak perusahaan yang mulai memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk menjual produk-produk mereka.

Nantinya para afiliasi yang menggunakan tren ini akan mempromosikan produk milik perusahaan lewat ungahan konten di media sosial entah Twitter, Instagram, Facebook maupun platform lainnya. Lantaran kini hampir semua orang menggunakan media sosial, bisa disimpulkan kalau bisnis afiliasi jenis ini lebih relevan dan efektif dalam menjangkau target konsumen.

2. Afiliasi Memakai Video Marketing


tren bisnis afiliasi
foto: firmbee.com/UNSPLASH

Video marketing saat ini menjadi salah satu tren terbaru dalam bisnis afiliasi. Video marketing selalu menarik perhatian konsumen, sehingga banyak perusahaan mulai menggunakan platform video seperti YouTube, Tiktok dan Instagram untuk memasarkan produk dan jasa mereka dalam konten video.

Dalam bisnis afiliasi, para afiliasi dapat membuat ulasan produk dalam video dan menyertakan tautan afiliasi di deskripsi video. Dengan begitu, konsumen yang tertarik akan langsung diarahkan ke website perusahaan.

3. Afiliasi yang Ramah Pengguna Mobile


Tren selanjutnya adalah bisnis afiliasi yang ramah mobile. Kebanyakan pengguna internet saat ini lebih mudah mengakses internet melalui perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Oleh karena itu, bisnis afiliasi harus mampu membuka website yang dapat diakses dengan mudah melalui perangkat mobile.

Bisnis afiliasi jenis ini memungkinan perusahaan untuk mempromosikan produk kepada konsumen yang mengakses internet melalui perangkat mobile. Namun jika website itu tidak ramah mobile, pengunjung tentu bisa merasa tertipu dan tidak puas.

4. Arahan di Tautan Afiliasi Makin Jelas


Tautan afiliasi adalah tautan yang diberikan oleh perusahaan kepada afiliasinya untuk mempromosikan produk di laman website afiliasi tersebut. Namun, sebagian besar perusahaan tidak memberikan tautan afiliasi dengan arahan yang cukup jelas. Hal ini juga ditekankan pada situs tekno Pricebook.

Oleh karena itu, tren baru adalah memberikan arahan yang lengkap pada tautan afiliasi agar konsumen langsung diarahkan ke website perusahaan dan membeli produk yang dipromosikan oleh afiliasinya.

Dalam bisnis afiliasi, tren terbaru dapat dijadikan sebagai strategi dalam meningkatkan penjualan dan penghasilan perusahaan. Semua itu dapat membantu para afiliasi mendapatkan keuntungan perusahaan yang lebih besar dalam bisnis afiliasi.

Namun, hal terpenting dalam bisnis afiliasi yang wajib Sahabat Awan ketahui adalah dengan mempertahankan kualitas produk dan jasa yang dijual. Jika kialitas produk dan jasa itu memang berkualitas, maka tak akan sulit untuk menarik minat konsumen agar melakukan transaksi kembali, hingga merekomendasikannya ke orang lain.

Untuk itulah ada baiknya jika Sahabat Awan memiliki produk dan jasa yang berkualitas serta memberikan pelayanan yang memuaskan untuk meningkatkan kepercayaan afiliasi dan konsumen. 

Sekadar informasi, bisnis afiliasi juga memiliki hubungan erat dengan koneksi internet yang mumpuni, IndiHome menjadi salah satu yang direkomendasikan karena menawarkan harga layanany ang terjangkau di semua lapisan masyarakat Indonesia. Sehingga dengan begitu, semua orang bisa menjadi pebisnis untuk dirinya masing-masing. Dengan begitu para pelanggan dapat bisa mencoba juga bisnis afiliasi ini, karena saat ini menjadi seorang affiliator cukup menjanjikan.

IndiHome dari Telkom Indonesia juga mempunyai after sale yang sangat baik. Meskipun memiliki banyak sekali produk yang ditawarkan, Telkom selalu berkomitmen menjadikan pelanggan nomor satu untuk dilayani, seperti misalnya ketersediaan layanan 24/7. 

Nah, kecepatan internet yang cepat dan stabil, sudah pasti memiliki keamanan data pelanggan yang baik. Bukan itu saja, tapi juga ada penanganan keluhan pelanggan yang cepat, serta tentunya inovasi produk yang terus menerus update sesuai dengan perkembangan industri teknologi.

Posting Komentar

29 Komentar

  1. wah artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih infonya ya kak :D

    BalasHapus
  2. Semakin mudah produk kita ditemukan di media sosial, peluang kita menjadi top of mind semakin besar. Inilah fungsi internet yang menjembatani konsumen dan produsen via promosi online. Koneksi internet IndiHome jadi penyelamat UMKM.

    BalasHapus
  3. Lagi viral banget ya kerjaan afiliasi terutama di media sosial, beberapa kali lihat akun IG yang jadui afiliator dan konten2nya sangat bermanfaat.

    Kalau kerja jadi affiliator kudu punya akses internet juga ya dan IndiHome emang yang paling OK punya.

    BalasHapus
  4. betul kak, kalau mau ikut affiliate memang kudu memastikan dulu ada paket internet yang cepat atau tidak. kalau engga ya susah juga mau promosi yaa

    BalasHapus
  5. Bisnis afiliasi ini sangat erat dengan kebutuhan internet, ya. Pake IndiHome udah paling bener, deh

    BalasHapus
  6. Bisnis afiliasi ini cukup menjanjikan. Tidak perlu stok produk sendiri tapi harus kreatif mempromosikan.

    BalasHapus
  7. Tautan afiliasi yang jelas itu memang penting ya. Apalagi di masa banyak penipuan dengan klik tautan ini dan itu. Kalau tautannya jelas dan terpercaya kan calon konsumen juga lebih tenang.

    BalasHapus
  8. Afiliasi sedang naik daun, otomatis semua konten kreator berlomba-lomba membuat konten menarik agar bisa menhasilkan konversi dari afiliasi yang mereka ikuti.

    BalasHapus
  9. Bener banget lho, sekarang sasaran buat afiliasi emang paling kenceng lewat medsos. Dan kebanyakan pengguna sih lebih milih lewat mobile biar sambil mager juga. Makanya butuh jaringan internet cepat kek IndiHome yang kenceng.

    BalasHapus
  10. Layanan internet cepat seperti IndiHome pastinya mendukung siapa saja yang menekuni bisnis afiliasi, ya. Semua aktivitas online bisa berjalan lancar dengan internet cepat.

    BalasHapus
  11. Penting banget memastikan modal internet cepat, jangan sampai sudah memutuskan ikutan affiliate program ternyata internet suka ngadat pas dibutuhkan.

    BalasHapus
  12. Jika memiliki internet lancar maka banyak hal yang dapat dilakukan ya, termasuk memaksimalkan bisnis afiliasi. Bisnis lancar cuan terus mengalir.

    BalasHapus
  13. Paling marak aku temukan itu yang afiliasi dengan media sosial. Masih sekali dan rasanya kalau memang hobi bikin konten begini kan jadi bisa punya lahan cuan tambahan ya.

    BalasHapus
  14. Paling sering aku lihat itu afiliasi pakai media sosial terus mereka bikin konten sendiri. Tentunya butuh kecepatan internet agar proses upload bisa cepat

    BalasHapus
  15. bener juga nih, tren afiliasi sekarang targetnya cenderung ke pengguna mobile karena lebih besar penggunanya dari pada PC/laptop, mau coba praktekin ah, siapa tahu cuanya lebih gede, makasih kak infonya,

    BalasHapus
  16. Dan yang lagi tren banget itu afiliasi dengan video. Hampir semua konten mereka, berujung afiliasi. Saya jadi pengen nyobain.. gimana gitu biar booom, bikin videonya.

    BalasHapus
  17. bisnis afiliasi sedang naek daun banget sih. jadi kalau mau belajar penting banget untuk untuk dipahami dan dipelajari. Jadi kalau mau nyemplung ke bisnisnya udah pasti bisa dapet cuan dong

    BalasHapus
  18. Mantapp kak, ini triknya aku ngga paham lho sblmnya beneran, jadi tahu kenapa orang2 di luar sana bisa nyampee dapat puluhan juta segala dari afiliasi

    BalasHapus
  19. Selama ini bikin video mang lebih efektif sih untuk afiliasi, orang yang lihat jadi lebih mudah tertarik dan belanja

    BalasHapus
  20. Hanya orang yg belajar banyak ttg affiliate dan bisa ambil kesempatan dari bisnis ini

    BalasHapus
  21. Join affiliasi emang lagi trend karena dunia digital sekarang siapapun bisa melakukan banyak hal dg adanya internet. Naah kasian anak yg ga tau apa2 tiba2 lihat kondisi rumah. (Gusti yeni)

    BalasHapus
  22. Di kampung saya tahunya baru melalui sosial media saja. Itu pun teramat sederhana. Tapi hasilnya ya lumayan. Apalagi kalau ikut afiliasi dengan menggunakan keempat point' di atas itu ya. Hasilnya kayanya mantap deh

    BalasHapus
  23. Sering banget lihat akhir-akhir ini konten orang yang nampilin penghasilan yang banyak banget dari jalanin bisnis afiliasi katanya. Penasaran lho dan kayaknya juga jadi tren

    BalasHapus
  24. Aku lihat beberapa mutualku juga mulai beralih ke konten video karena Afiliasi Video Marketing. Dengan adanya internet lancar, maka menjalankan program Afiliasi pun jadi semakin produktif.

    BalasHapus
  25. ada banyak ya trik dan cara menjalankan afiliasi ini. semakin menarik konten pastinya juga semakin membuka peluang dari afiliasi itu

    BalasHapus
  26. Tertarik bgt nih sama program afiliasi yg legal seperti ini., Beberapa org yg telah menjalaninya jd terlihat mudah bgt cari cuan

    BalasHapus
  27. afiliasi ini kalau digeluti serius ternyata lumayan juga ya cuannya, apalagi kalau udah nguasai caranya

    BalasHapus
  28. saya juga ikut afiliasi di salah satu market place, tapi so far baru terapin yang di media sosial aja nih, pengen banget buat video marketing gitu tapi masih harus belajar nih editing dan printilannya.

    BalasHapus
  29. Kalau afiliasi lengkap dengan konten2 videonya effortnya juga butuh besar yaa, apalagi koneksi internetnya juga harus cepat dan stabil. Kalau internetnya lemot dll siap2 dah bikin hilang mood sebelum tag videonya hehehe

    BalasHapus