4 Tips Anti Gagal Jadi Dropship Kosmetik Untuk Pemula

ilustrasi produk dropship kosmetik
foto © Johanne Kristensen/UNSPLASH

Sahabat Awan, tentu selama pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak tahun 2020 silam ada banyak di antara kita yang terpaksa kehilangan pekerjaan. Demi menyambung hidup, berbagai hal pun dilakukan seperti mencoba peruntungan berjualan online. Bagi mereka yang modal pas-pasan, menjadi seorang dropship kosmetik adalah pilihan yang tepat.

Tunggu, kenapa harus jadi dropshipper produk-produk kecantikan?

Ternyata karena bisnis yang satu ini justru mencatat omzet yang semakin melimpah selama pandemi.

Raksasa kosmetik PT Mustika Ratu bahkan membukukan penjualan bersih hingga Rp88,6 miliar pada tahun 2021, seperti dilansir Detik. Hasil ini meningkat 30% atau sekitar Rp20,5 miliar jika dibandingkan Kuartal I 2020 yang sebesar Rp68,1 miliar.

Terus menjanjikannya bisnis kosmetik juga diungkapkan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) pada tahun 2020 lalu. Menurut laporan mereka, ada peningkatan industri kosmetik secara keseluruhan sebesar 5,59%. Di tahun pertama wabah corona, penjualan online untuk produk kosmetik meningkat sebesar 80%, yang diikuti dengan profit bisnis kecantikan dan perawatan diri di Indonesia hingga US$7 miliar!

Atas fakta-fakta tersebut, tak heran kalau bisnis kosmetik berpeluang tumbuh hingga 7% setiap tahunnya. Tentu ini adalah waktu yang tepat bagi Sahabat Awan kalau ingin melirik peluang bisnis dropship kosmetik.

Tips Jadi Dropship Kosmetik yang Sukses

tren produk dropship kosmetik
foto  © Jazmin Quaynor/UNSPLASH

Tentu untuk menggeluti bisnis kecantikan ada banyak sekali pilihan yang ditawarkan. Sahabat Awan bisa menjadi produsen tunggal atau bekerjasama dengan perusahaan maklon, maupun menjadi seorang distributor hingga reseller. Bahkan kalau kalian bermodal pas-pasan, dropshipper skincare juga tetap menjanjikan.

Tak perlu cemas, sekalipun Sahabat Awan adalah seorang pemula, menjadi dropshipper produk-produk kecantikan tidaklah sulit. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

1. Distributor Harus Terpercaya

Tips pertama sebagai seorang dropshipper pemula adalah kalian wajib memilih distributor yang memang bertanggung jawab dan bisa dipercaya. Ketahuilah dalam bisnis dropshipper, distributor atau produsen yang mengirimkan produk langsung ke konsumen, sekalipun konsumen menghubungi kalian untuk melakukan transaksi.

Supaya produk segera dikirim dan konsumen puas karena kualitasnya terjaga, pihak distributor haruslah profesional.

2. Pilih Produk Sesuai Tren

Lantaran ada banyak sekali orang yang menggeluti bisnis dropship kosmetik, kalian harus bisa bersaing secara sehat lewat pemahaman tren kecantikan yang tepat. Untuk tahun 2022 ini, diprediksi skincare yang memberikan manfaat glowing dan berbahan alami akan sangat diburu, sehingga kalian tahu produk yang penjualannya bisa dimaksimalkan.

3. Selalu Cek Ketersediaan

Membuat konsumen kecewa karena produk yang diinginkan ternyata tak tersedia sesuai janji jelas akan merugikan bisnis seorang dropshipper. Untuk itulah penting setiap kali konsumen hendak melakukan transaksi, kalian langsung mengecek ketersediaan barang dulu ke distributor. Supaya tidak ribet, lakukan update berkala mengenai stock produk sehingga konsumen memperoleh apa yang dibutuhkan.

4. Maksimalkan Pemasaran Online

Tips terakhir jadi dropshipper skincare sukses meski masih pemula adalah memaksimalkan penjualan online. Pandemi membuat gaya hidup jadi serba internet sehingga ada baiknya kalau kalian berjualan di media sosial maupun marketplace. Buat konten promosi yang tak hanya berupa tulisan, tapi juga audio visual menarik berupa video. Jika perlu, bekerjasama dengan beauty blogger atau content creator supaya produk yang kalian tawarkan diketahui pengguna internet.

RAENA, Wujudkan Mimpi Dropshipper Produk Kecantikan

keuntungan gabung dropship kosmetik di RAENA

Sesuai dengan tips pertama sekaligus mendasar jika ingin sukses sebagai jalani bisnis dropship kosmetik yakni pemilihan distributor yang terpercaya, maka saya ingin mengenalkan RAENA kepada Sahabat Awan.

Sebagai platform reseller dan dropshipper kecantikan terbesar di Indonesia, kalian bisa menemukan lebih dari 1.000 produk di RAENA dari sekitar 250 brand ternama dengan harga yang terjangkau. Bahkan yang paling menarik, RAENA menyediakan program reseller dan dropshipper tanpa biaya admin yang tentunya cocok bagi Sahabat Awan yang baru saja ingin menggeluti bisnis kecantikan.

Kendati sangat minim modal, RAENA juga memberikan peluang margin keuntungan yang menggiurkan sehingga bukan tak mungkin kalau Sahabat Awan bisa meraih penghasilan Rp10 juta setiap bulannya.

langkah gabung dropship kosmetik di RAENA

Tapi, kalau pemula kan masih belum tahu apa-apa, bagaimana kalau gagal melakukan penjualan dan promosi yang tepat?

Tenang saja, Sahabat Awan.

Karena RAENA juga menyediakan program bimbingan dan belajar yang akan membantu siapapun untuk menjadi seorang beautypreneur sukses. Hal ini memang sesuai dengan misi RAENA yakni mendorong masyarakat Indonesia untuk menjalankan bisnis rumahan dan meraih sukses yang membangkitkan perekonomian bersama.

Dropshipper pemula juga tak perlu cemas memikirkan konten promosi untuk berjualan karena lewat RAENA kalian tinggal memilih produk, menentukan harga jual dan tinggal membagikan konten tersebut di media sosial. Bahkan ada juga program gratis ongkir ke seluruh Indonesia sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Bagaimana? Untung banget kan gabung di RAENA?

Yuk nggak perlu cemas jadi dropship kosmetik dengan pilih RAENA!

Posting Komentar

51 Komentar

  1. Wah mantap ini. Banyak pilihan produk di Raena ternyata ya
    Ada sekitar 250 brand ternama. Jadi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen
    Apalagi disertai banyak kemudahan seperti harga bersaing dan gratis ongkir. Keren nih

    BalasHapus
  2. Saya jadi penasaran dengan skincare milik Raena ini. Apalagi ada aplikasinya, keren sih ini sudah teknologi tinggi. Kalau jadi reseller ini praktis ya mbak, kita tinggal input-input saja data pembeli

    BalasHapus
  3. Sering nih dapat iklan dari Raena, kirain ini tuh marketplace, cuma bisa beli aja, ternyata bisa dropship. Peluang bisnis, khususnya yg ingin jadi beautypreneur

    BalasHapus
  4. Mau tanya satu hal dong
    Kalau jadi dropshiper di Raena, untuk harga jual ke konsumen kita yang tentukan sendiri atau sudah dipatok dari sananya?

    BalasHapus
  5. Tetangga dan teman-temanku banyak banget yang jadi dropship kosmetik sukses. Kebutuhan akan kosmetik membuat barang inj jadi laris manis dan banyak yg beli

    BalasHapus
  6. bisnis dropshipper di RAENA ini sangat menjanjikan. mengingat produk2 yang tersedia berkualitas dan tentu jaminan original.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan tentunya RAENA ini sangat direkomendasikan terutama bagi ciwi2 yang ingin terjun di dunia beautypreneur. sebab prosedur bergabungnya juga gak ribet.

      Hapus
  7. Bersama RAENA menjanjikan sekali ya Mba, karena RAENA ini terpercaya dan banyak pilihan brand kosmetiknya. Jadi dropshiper RAENA memang lebih menguntungkan karena tanpa tanpa modal, hanya perlu mengrimkan barang pesanan customer lewat RAENA

    BalasHapus
    Balasan
    1. plus juga membuat para wanita diajari untuk berdiri di kaki sendiri dan mandiri mencari pemasukan walau hanya menjadi dropshiper.

      Hapus
  8. kalau untuk pemula bisnis paling pas jadi dropshipper ya, karena tidak butuh modal yang besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betull setuju banget 👍 bisnis tanpa modal yang penting rajin jualan, RAENA kecee buat dropship. (Gusti yeni)

      Hapus
  9. RAENA ini kece banget ya, bisa menjadi sumber pendapatan alias cuan yang bisa dilakukan dari rumah. produknya juga bagus bagus sih ya. mantap banget ini

    BalasHapus
  10. Suka sama desain aplikasi RAENA yang girly banget. Pengin belajar lebih jauh tentang dropship kosmetik.

    BalasHapus
  11. usaha kosmetik sekarang memang lagi menjanjikan ya, jadi penasaran sama Raena ini kebetulan lagi cari ide bisnis baru

    BalasHapus
  12. Setuju mbak...saat pandemi banyak yang kehilangan pekerjaan. Modal pun ludes demi menyambung hidup. Kalau ada bisnis tanpa modal begini rasanya cocok banget untuk dijalankan pasca pandemi. Menjadi dropsipper dari bisnis kosmetik melalui aplikasi RAENA ini menjadi solusi terbaik untuk berpenghasilan secara online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi dropship memang salah satu solusi untuk menambah penghasilan di rumah ya
      Raena membuka peluang agar perempuan lebih maju dan mandiri meski dari rumah

      Hapus
  13. Banyak keuntungan yang didapatkan untuk reseller ya.
    Dukungan seperti yang dibutuhkan agar semangat selalu menjalankan bisnis

    BalasHapus
  14. Dropship itu susah2 gampang sebenrnya, tp klo dah tau celahnya kayaknya bakal mudah

    BalasHapus
  15. Pengen punya bisnis tapi bingung bisnis apa..hehee.. apa kosmetik kali ya.. apa perlu cantik juga ni dropshippernya hehehe..

    BalasHapus
  16. Mencoba bisnis sebagai dropshipper kosmetik bersama RAENA bisa jadi peluang yang bagus dan menjanjikan ya mbak
    Wajib dicoba para beautypreneur

    BalasHapus
  17. Emang paling enak sih menurutku jadi dropshipper itu, minimalisir kerugian ketika kita mau terjun dalam dunia bisnis. keuntungan juga udah jelas, tapi minusnya jadi kadang aku males2an karena bukan produk sendiri yaah >.< tapi oke lah untuk mengawali karir sebagai pebisnis

    BalasHapus
  18. Raena udah paket lengkap ya dan bisa diandalin jadi dropship yang terpercaya. Langsung gabung deh

    BalasHapus
  19. Setujuu, emang paling laris niih kalau menjual berbagai produk kecantikan dari berbagai merk. Aku baru tahu ada reseller dan dropshipper khusus untuk produk kosmetik, jadi kalau ada kerugian pun minim yaa

    BalasHapus
  20. wah menarik ya jadi keidean pengen bisnis skincare dan kosmetik deh rasanya, thank u loh tips-tipsnya makin tersuggest buat buka bisnisnya nih

    BalasHapus
  21. Baru dengar nih kaka apa saya yang kurang update ya. Boleh banget aplikasinya. Bisa semakin menunjang kita jadi bisniswomen nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss kak bisa dimanfaatkan sebagai peluang untuk melebarkan bisnis juga ya.
      Semangat menjadi bisniswoman

      Hapus
  22. iyes, dengan memaksimalkan pemasaran online kita bisa mendapat konsumen dari tempat-tempat yang jauh, beda dengan offline palingan pembelinya hanyadari sekitaran kita saja...

    BalasHapus
  23. Untung bangetya gabung dengan Raena. Emang saat ini tuh bisnis dropship kosmetik sangat menjanjikan.

    BalasHapus
  24. Raena Beauty seakan menjawab kegalauan para Ibu rumah tangga yang karirnya berhenti. Dan bisa memulai kembali dengan memiliki usaha yang minim resiko dengan bantuan apps Raena Beauty.

    BalasHapus
  25. Para dropshiper dan reseller pasti seneng ya mbak karena banyak varian produk dari brand2 ternama juga, minim resiko kerugian pula

    BalasHapus
  26. Wah, raena emang juara sih... Banyak banget pilihannya. Hampir semua brand kecantikan ada deh rasanya. Dan harganya murah meriah cocok banget buat dijual lagi. Praktis lagi kan kita gak perlu packing.

    BalasHapus
  27. ibu RT di rumah juga bisa menjalankan ini..kuncinya adalah konsisten 🙂 daenak yg pumya ide seperti ini

    BalasHapus
  28. Menarik nih, bisa berjualan kosmetik dengan skema dropship. Cuma memang harus mengasah kemampuan pemasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ya mas, banyak juga para reseller yg untung besar karena pemasarannya juga besar2an

      Hapus
  29. Hadirnya Raena ini membuat peluang dapat cuan dari rumah buat siapa saja jadi terbuka lebar. Tinggal daftar menjadi dropshipper atau resellernya ya. Menarik banget konsepnya.

    BalasHapus
  30. Baru tau nih ada platform raena... Membantu banget ya untuk kita-kita yang ingin jualan kosmetik... Produknya banyak, ada program belajarnya juga...

    BalasHapus
  31. Aku juga baru tahu kalau itu platform. Aku pikir tadi merek kosmetik baru, lho....

    BalasHapus
  32. Bisa jadi peluang bisnis ibu rumah tangga nih. Soalnya minim modal dan anti ribet jadi dropshiper kosmetik di platform RAENA

    BalasHapus
  33. aku juga lagi kepoin tentang RAENA ini mba, bisa jadi peluang bisnis untuk ibu rumah tangga nih biar bisa dapat penghasilan juga

    BalasHapus
  34. Banyak yang merekomendasikan RAENA ini untuk mencoba bisnis jadi reseller kosmetik
    Memang recommended katanya

    BalasHapus
  35. wah kalau ada dropshiper yang mudah gini bisa jadi langkah awal buat mulai usaha ya :) apalagi kosmetik, lagi naik daun terus nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak.. lagi naik daun banget nihh Raena.

      Hapus
  36. Aku ngkutin banget sih kisah foundernya Raena ini dan inspiring banget ya... Menyediakan fasilitas reseller yang siapapun bisa join :)

    BalasHapus
  37. klo mau jadi dropshipper yaa harus konsisten pemasarannya yaa, biar dapet nih pasar dan konsumennya. Raena ini lagi banyak dilirik yaa buat jadi lini bisnis nya dropshipper

    BalasHapus
  38. Nah iya nih, melihat tren skincare dan kosmetik kudu jeli, karena memang fokusnya saat ini adalah wajah yang glowing yaa.. Jadi yang dicari skincare dengan hero ingredients yang tetap bikin kulit aman dan tujuannya tercapai.

    Bersama Raena Beauty, kembali belajar bahan-bahan Kimia dalam skincare dan bisnis.
    Dengan mengikuti bimbingannya, jadi semakin ahli dalam menjalankan usahanya.

    BalasHapus
  39. tips menjadi dropshipper ini cocok banget. terima kasih tipsnya. dan sekarang lebih mudah dengan adanya RAENA

    BalasHapus
  40. Bisnis dropship itu memang menjanjikan loh. Tapi kita juga kudu sedia modal supaya kalau ada yang komplain karena barang tidak sesuai pesanan. Makanya aku selalu coba dulu produk yang mau aku jual

    BalasHapus
  41. di raena gratis ongkos kirim ya, menarik deh jadi mau coba bisnis di Raena. Kebetulan lagi cari peluang bisnis baru

    BalasHapus
  42. Jadi penasaran sama produk-produknya, ini khusus make up atau ada produk skin care nya jg ya?

    BalasHapus
  43. Pemasaran online itu penting banget, terutama via youtube. Karena produknya akan terlihat jelas ketimbang hanya gambar. Saya juga jualan lewat youtube.

    BalasHapus
  44. Keuntungannya oke juga nih. Pas banget buat tambahan penghasilan ibu rumah tangga. Cocok juga karena di bidang kecantikan. Khas ibu ibu.

    BalasHapus