Deposito BPR Komunal

Setelah mengundurkan diri sebagai budak korporat, saya sebetulnya tak pernah menduga kalau hidup akan mengarahkan diri menjadi seorang freelance alias pekerja lepas. Sebuah profesi yang menurut saya benar-benar bikin ribet dan tidak memiliki jaminan masa depan, karena penghasilan yang diperoleh tidaklah rutin seperti layaknya karyawan.

Hanya saja kegagalan menjalani bisnis kuliner, menyadarkan saya bahwa kepenulisan adalah jalan hidup saya. Petualangan sebagai seorang freelance writer pun dimulai dengan berbagai kecemasan terutama dalam hal finansial.

Saya tentu sama seperti milenial-milenial lain yang mungkin berkeinginan punya penghasilan jauh lebih besar yakni impian untuk muda foya-foya, tua kaya-raya dan mati masuk surga.

Bisakah?

Tentu bisa yakni dengan memiliki instrumen investasi yang tepat.

Hanya saja karena belum memiliki keberanian untuk menggelontorkan uang ke saham atau cryptocurrency, masih belum cukup membeli properti, terlalu bosan dengan emas batangan dan tak mau ambil risiko lewat P2P (Peer-to-Peer) Lending, saya pun kembali ke instrumen investasi tradisional yakni deposito.

Hanya saja kali ini pilihan saya justru jatuh ke deposito BPR Komunal.

Apa Sih Deposito BPR Komunal Itu?

Kalian mungkin bertanya-tanya, ada banyak institusi perbankan di negeri ini kenapa harus BPR Komunal? Memang apa sih Komunal itu?

Sekadar informasi, Komunal sebetulnya adalah salah satu layanan fintech alias financial technology di Indonesia. Dilansir Kontan, Komunal mendukung penuh upaya digitalisasi BPR (Bank Perkreditan Rakyat) di Indonesia yang per Januari 2021 ini sudah berjumlah 1.503 entitas dengan total 5.885 kantor di seluruh Indonesia. Dukungan itu kemudian diwujudkan lewat Komunal Deposito BPR.

Disalurkan ke lebih dari 30 BPR dengan total dana menembus Rp24 miliar, Komunal merupakan fintech yang sudah resmi tercatat OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sebagai Penyelenggara IKD di dalam klaster Funding Agent.

Sehingga jika disimpulkan, Deposito BPR Komunal merupakan produk yang ditawarkan dan dikelola oleh PT Komunal Sejahtera Indonesia. Seperti namanya, kalian sebagai pemilik dana bisa melakukan investasi ke produk simpanan BPR yang berupa deposito ini.

Sebagai platform aggregator pertama di Indonesia, Komunal menghubungkan deposan alias si pemilik dana dengan lebih dari 1.500 produk Deposito BPR di seluruh Tanah Air. Sehingga melalui Komunal, kalian tak perlu ribet lagi mencari produk keuangan yang kompetitif, pun demikian dengan para pengelola BPR, tak akan bingung kejar target demi mencari calon nasabah yang bersedia melakukan pembukaan rekening deposito.

Baca juga:

Kenapa Harus Pilih Deposito BPR Komunal?

statistik Deposito BPR Komunal
Lantaran pekerjaan sehari-hari sebagai seorang freelance yang memang berkutat di depan laptop dan akses internet 24 jam, alasan terbesar saya memilih deposito BPR Komunal sebetulnya adalah karena anti ribet. Kalian bisa mengakses Komunal dan produk deposito BPR ini dengan luar biasa mudah di website resmi komunal.id.

Namun setelah saya mempelajarinya lebih lanjut, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh deposito BPR Komunal ini. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

1. Deposito BPR Aman

Inilah alasan pertama yang membuat saya benar-benar memantapkan diri memilih pengajuan deposito lewat Komunal. Yap, Deposito BPR Aman memang sesuai dengan janjinya karena seluruh produk deposito kita terlepas dari jangka waktu yang dipilih sudah pasti mendapat jaminan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), sebesar masimal Rp2 miliar per BPR.

2. Serba Cashless

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, sebagai fintech, Komunal memang menawarkan kemudahan lewat upaya digitalisasi BPR. Sesuai dengan era yang serba digital dan profesi yang saya jalani, saya bahkan bisa membuka deposito di rumah saja. Tak perlu repot-repot ke BPR terdekat, seluruh transaksi terjadi by online dan tentunya cashless.

3. Deposito BPR Mudah

Dan inilah alasan terakhir kenapa deposito BPR Komunal jadi pilihan saya yakni proses pengajuan yang amat sangat mudah. Bahkan kalau boleh dibandingkan, hampir sama cepatnya dengan check out serum baru di marketplace. Menawarkan bunga yang lebih kompetitif dibandingkan bank-bank konvensional, sobat cuan mana yang tidak tergiur?

FYI aja nih, bunga deposito BPR bisa lebih baik daripada bank umum yakni mencapai 6% p.a lhoh! Tak heran kalau akhirnya saya yang memang memilih deposito sebagai instrumen investasi pun makin yakin dengan penawaran deposito BPR Komunal ini.

Mudah, Seperti Ini Lho Gabung Sebagai Deposan Komunal

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, saya pun tak butuh waktu lama untuk memutuskan mengalokasikan penghasilan ke deposito BPR Komunal. Berikut langkah-langkah yang saya lakukan:

deposito BPR aman
tampilan website Komunal di smartphone

  1. Menuju website depositobpr dan melakukan pendaftaran sebagai DEPOSAN
  2. Mengisi seluruh data yang dibutuhkan termasuk informasi pribadi, alamat dan berbagai kebutuhan umum lain
  3. Lantaran tidak mempunyai PrivyID, pilih tombol TIDAK
  4. Lakukan SUBMIT alias penyimpanan data dan kemudian cek email dari PrivyID untuk memperoleh ID dan password
  5. Masukkan OTP yang diminta sesuai dengan nomor ponsel yang didaftarkan
  6. Tunggu proses verifikasi akun PrivyID di email
  7. Langsung login ke akun DepositBPR dan pilih produk deposito yang sesuai
  8. Lakukan tanda tangan elektronik dengan PrivyID yang sudah memiliki kekuatan dan akibat hukum sah
  9. Tunggu proses verifikasi oleh pihak BPR (maksimal dua hari kerja) sampai disetujui
  10. Lakukan pembayaran deposito yang sudah dipilih lewat tautan pembayaran di menu dashboard. Awas jangan sampai terlambat melakukan pembayaran
  11. Kalian bisa melihat pengajuan deposito telah aktif di menu dashboard. Tinggal menunggu kapan bilyet akan dikirim ke alamat yang sudah kamu tulis sebelumnya

Baca juga:

produk-produk Deposito BPR Komunal
produk-produk Deposito BPR Komunal

Dari banyaknya produk yang ditawarkan, saya menjatuhkan pilihan ke produk BPR Buana Dana Makmur. Meskipun berlokasi di Sidoarjo, tetapi karena Komunal mampu membuat ‘yang jauh jadi dekat’, jarak Malang-Sidoarjo pun sama sekali tak terasa di era digital.

pengajuan deposito sudah aktif
pengajuan deposito sudah aktif

Oiya, saya memutuskan penempatan dana Rp1 juta dengan tenor dua bulan serta suku bunga 3,25% p.a dengan pokok dan bunga dibayarkan saat akhir ketika jatuh tempo deposito. Khusus untuk pembukaan rekening di bulan Desember ini, kalian bakal mendapat promo Komunal Deposito BPR BrrBr! Hadiah lho. Lewat promo ini, kalian bisa memperoleh hadiah akhir tahun plus berbagai keunggulan seperti jaminan keamanan, bisa dibuka di manapun dan kapanpun, serta penawaran bunga hingga 6%!

tampilan pengajuan deposito BPR Komunal
tampilan pengajuan deposito BPR Komunal

Saya sendiri memperoleh cashback Rp100 ribu untuk deposito perdana ini lewat kode promo: RINTIKHADIAH. Namun kalau kalian melakukan minimal deposito yang lebih besar, hadiah langsung selama program Komunal Deposito BPR BrrRr HADIAH ini lebih beragam. Seperti cashback saldo dana Rp200 ribu untuk minimal deposito Rp5 juta, hingga gadget sekelas air fryer Hi Cook, ponsel Samsung Galaxy M22 sampai iPhone 13 Mini untuk minimal deposito Rp500 juta.

Gimana? Seru banget, kan?

Nah, buat kalian yang juga sobat anti ribet yang kebetulan sama-sama pekerja lepas seperti saya, mempertimbangkan punya deposito tabungan adalah hal terbaik demi menciptakan finansial lebih baik di masa depan. Karena bagaimanapun juga, freelancer mampu kok memiliki kondisi keuangan yang sejahtera di usia senja nanti. Daripada fee dari klien digunakan hal-hal yang tak perlu, yuk sisihkan sedikit untuk membuka Deposito BPR Komunal aja!

45 Komentar

  1. Sekarang saya juga sudah jadi fulltime blogger, penghasilannya nggak pasti. Kadang dapatnya gede, kadang juga dapatnya gede banget. Alhamdulillah. Kayaknya bagus juga nih ikutan bukan deposito di BPR Komunal ini. Apalagi cashless, jadi semua bisa dilakukan secara online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah syukur alhamdulillah ya sudah fulltime blogger sudah bisa dijasikdn penghasilan utama. pengin juga begitu.

      Hapus
  2. Aku juga nyobain investasi kak. Soalnya memang udah jadi sebuah kebutuhan buat menabung untuk masa depan. Jadi akupun memilih komunal karena emang aman banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting banget investasi buat masa depan. Salah satunya adalah deposito yang jauh lebih aman dibanding tabungan biasa.

      Hapus
  3. Wow return-nya mayan banget ya 🤩 cukup menggoda, apalagi start sejuta aja

    BalasHapus
  4. Ini beneran terwujud sih kemarin pas ikutan deposit juga kesini. Selama ini aku nunggu kapan bisa deposit yaa karena kan setoran awal biasanya gede banget tuh angkanya haha. Di sini start sejuta udah bisa deposit

    BalasHapus
  5. Dari dulu selalu tertarik untuk deposit untuk investasi. Tapi belum ada kesempatan hmm

    BalasHapus
  6. Beberapa waktu belakangan aq juga pengen mulai investasi buat masa depan juga kak, dan aq pilih Komunal ini, semoga bisa konsisten

    BalasHapus
  7. Saya lagi berpikir investasi yg tepat untuk masa depan. Tapi masih maju mundur juga hehehe...

    BalasHapus
  8. Deposito melalui BPR Komunal akan membantu mewujudkan investasi lebih baik

    BalasHapus
  9. Ini menarik banget, apalagi sekarang kesadaran masyarakat akan investasi sedang tinggi, semoga bisa menjadi wadah berinvestasi yang tepat :)

    BalasHapus
  10. Investasi untuk masa depan ini penting banget, apalagi kalau kita memikirkan anggota keluarga juga ya mba.. Dan proses registrasi di BPR ini praktis dan gak ribet..

    BalasHapus
  11. mulai belajar investasi juga nih kak, buat tabungan di masa depan

    BalasHapus
  12. Jadi tertarik untuk ikutan deposito di BPR nih. Banyak hasil yang didapatkan, apalagi untuk awal tidak harus dalam jumlah besar.

    BalasHapus
  13. kalo cashless meski beda kota tetap bisa ya mbak menarik sekali nih, mertuaku jauga lagi memutuskan untuk melakukan deposito dalam engelola keuangannya

    BalasHapus
  14. Menarik banget untuk dicoba nih depositonya. Aku kadang kalau ngobrol tentang freelance emang bikin dag dig dug gitu, banyak yang nggak berani karena merasa penuh dengan ketidakpastian.

    BalasHapus
  15. pilihan investasi sekarang lebih banyak dan kita bisa milih. termasuk investasi BPR komunal ini, yaang udah bisa deposit dari sejuta aja. mantap

    BalasHapus
  16. Minimal depositnya menggiurkan, kalau di luaran kan biasa minimal 10 juta yah.. ini 1 juta udah bisa buka deposito :)

    BalasHapus
  17. Freelance itu pendapatannya enggak tetap, ya. Bisa disiasati dengan memiliki deposito begini

    BalasHapus
  18. Aku juga memilih jadi freelancer setelah PHK akibat pandemi ini kak. Urusan keuangan ini emg harus banget diatur. Apalagi keuangan kita sdh tdk stabil krn sdh tdk digaji rutin lagi.

    Salah satu mengatur keuanganku ya dgn berinvestasi. Pilihan paling aman ya deposito. Dan bunga deposito di BPR itu ternyata tinggi loh dan tetap dijamin aman oleh BPR.

    Skrg utk buka rekening plus buka depositonya jg gampang banget. Ga perlu ke bank, cukup dari hp pun jadi. Uang aman, badan tenang.

    BalasHapus
  19. Karak Sidoarji Malang jadi nggak ada artinya kalau buka rekening deposito pakai Komunal. Baru eungeuh nih aku, ternyata ada aplikasi fintech khusus deposito. Bikin tetap berinvestasi dengan deposito tanpa perlu wara-wiri.

    BalasHapus
  20. Langsung melek aku tuh pas baca freelance, haha.. Jadi makin praktis ya buat kita2 freelancer ini, tinggal akses web nya udah bisa pantau BPR Komunal maksimal

    BalasHapus
  21. Kadang saya juga mikir apa pekerjaan freelance seperti ini akan jadi kebimbangan tersendiri dalam hal keuangan. Setelah baca ini jadi makin berpengetahuan dan memiliki opsi untuk mencoba deposito yang terjangkau dan menarik.

    BalasHapus
  22. Wah cocok banget nih buat yang mau punya simpanan aman dan jangka panjang
    Memang sebagai freelancer kita harus pinter-pinter nabung dan mengelola keuangan ya

    BalasHapus
  23. wah ini aplikasinya menggoda banget, jadi pengen cobain. Uang berhenti 1 juta udah bisa menghasilkan banget ya

    BalasHapus
  24. bagus banget tulisannya, ada istilah-istilah baru, saya juga udah berhenti dari korporat dan freelance emang bikin resah juga, tapi dijalani senyaman mungkin, mudah-mudahan ketemu jalannya. Wah, deposito BPR ini bagus ya pengajuan yang amat sangat mudah.

    BalasHapus
  25. wah iya lumayan nih, jadi aman dan praktis yaa nyimpan duit hehe.. gak khawatir lagi deh.. tp belum ada aplikasinya ini ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada kak, jadi kudu daftar by website semua. Semoga segera ada aplikasinya yak

      Hapus
  26. Ini nih yang dicari, biasanya deposito itu nominalnya harus lumayan banget agar bisa ikut. Deposito BPR Komunal bisa dengan 1 juta saja ya. Siip, jadi ingin bukan juga.

    BalasHapus
  27. Infonya bermanfaat banget kak, apalagi buat emak-emak kayak saya kadang susah banget nyimpen uang karena banyak kebutuhan anak, pas punya uang mau deposito eh keburu males karen banyak yang ngintilin, deposito bpr cocok banget, deh

    BalasHapus
  28. menarik sekali yaaa deposito bpr komunal ini, saya memang tertarik kalo deposito tuh di BPR karenanya bunganya lebih besar dibandingkan bank-bank umum sih, ini dijelasin sama temenku juga yang kerja di bank

    BalasHapus
  29. Wah, nyaman banget dapet cashback 100 ribu.
    Awalnya aku kira yang namanya BPR itu hanya tempat kredit uang. Tapi kini ada investasi yang sangat menguntungkan. Plus cashless, jadi sangat memudahkan sekali di era digital begini.

    BalasHapus
  30. Wah di bulan ini bertabur promo banget. Deposit jadi gak cuma menguntungkan, tapi bikin happy. Apalagi daftarnya ini mudah bisa dari websitenya. Nominal depositonya pun bisa tidak terlalu besar. Bisa banget nih buat investasi.

    BalasHapus
  31. Praktis banget ya, karena pendaftarannya bener-bener full online. Penyetoran dana juga cukup transfer aja dengan nominal setoran awal yang sangat terjangkau. Buat pemula cocok nih, apalagi yang suka tergoda ambil tabungan (baca: saya)

    BalasHapus
  32. Investasi memang penting banget untuk masa depan. Sekarang sudah banyak sarana yang memudahkan investasi seperti BPR ini. Praktis tapi sangat menguntungkan

    BalasHapus
  33. kerenlah ini bahkan sekarang BPR pun sudah melakukan digitalisasi yaa, jadi makin memudahkan kita kita yang masih tradisional menghadapi keuangan untuk tetap bisa nabung bahkan nggak perlu ke bank ya

    BalasHapus
  34. zaman digital yang terus maju memungkinkan orang memiliki rekening dari rumah saja. Dan ini deposito, aman lagi ya. menghemat tenaga, waktu dan biaya

    BalasHapus
  35. Seriusan nih kak dengan uang satu juta bisa deposito? Wah dapatnya 3% lagi.. Mantab benerrr

    BalasHapus
  36. pekerja freelance itu memang kudu pinter2 atur keuangan ya kak, dan kudu pinter bagi penghasilan ke pos2 keuangan masing2. biar tetep ada cadangan uang ketika job sepi misalnya

    BalasHapus
  37. Wah, ini dengan uang 1 juta kita sudah bisa deposito dan mendapat buang yang bagus ya, jadi membantu banget deh mba ini

    BalasHapus
  38. BPR Komunal ini cukup jelas ya mengenai tenor, dll. Memang ini penting dan transparan diberikan ke konsumen, supaya tidak ada kesalahan di kemudian hari.

    BalasHapus
  39. Tabungan, deposito, aset berjangka. Apalagi ya?

    Pokoknya semua itu penting untuk keamanan keuagan di masa yang akan datang ya kak

    BalasHapus
  40. BPR bisa jadi solusi investasi. Biaya awalnya pun terjangkau. Keren nih.

    BalasHapus
  41. karena pemasukan yang nggak menentu, kayaknya investasi pake deposito ini lebih cocok buat freelance ya mbak?

    BalasHapus
  42. Pas banget nih nemu ulasan ini, soalnya Saya freelancer dan kadang pengen banget investasi tapi masih bingung2 gitu. Nemu ulasan ini spt nemu berlian dalam sekam..Thanks banget infonya

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama