5 Tips Berburu Malam Lailatul Qadar, Kalian Wajib Tahu!

malam Lailatul Qadar
foto: Usama Sher Khan/UNSPLASH

Sahabat Awan, tepat pada hari Selasa (12/4) ini kita sudah memasuki hari ke-21 Ramadan. Menyisakan 10 hari terakhir saja, tentu banyak di antara kalian yang sudah melakukan berbagai persiapan dalam meraih malam Lailatul Qadar. Seperti kebiasaan pada umumnya, akan ada banyak umat Islam yang berjejalan di masjid-masjid setiap malam ganjil pada pekan terakhir Ramadan.

Bukan tanpa alasan kenapa Malam Seribu Bulan ini menjadi sangat istimewa bagi umat Islam. Nabi Muhammad SAW sendiri yang menganjurkan agar umatnya memperbanyak amalan karena di Lailatul Qadar yang kedatangannya tidak diketahui itu, membawa banyak sekali pahala untuk kehidupan di akhirat dan karunia di dunia.

‘Carilah di sepuluh hari terakhir, jika tidak mampu maka jangan sampai terluput tujuh hari sisanya’ [HR Bukhari dan Muslim]

Nah, supaya Sahabat Awan juga memiliki kesempatan untuk meraih Lailatul Qadar, dilansir website resmi NU, berikut tips yang bisa diterapkan:

Pertama, perbanyak memunajatkan doa-doa kepada Allah SWT, memohon ampunan-Nya, meminta maaf pada-Nya dan mengharapkan kesejahteraan yang berlimpah. Hal ini sesuai dengan doa Rasulullah saat malam Lailatul Qadar yakni:

‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwan fa’fu ‘anni’ (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau suka memberi maaf, maka maafkan aku [HR. at-Tirmidzi]

Kedua, membaca dan memahami ayat-ayat suci Al-Quran. Apalagi dalam kitab suci tersebut terdapat surat Al-Qadr sejumlah lima ayat yan menjelaskan mengenai Malam Seribu Bulan. Sehingga dengan memahaminya lebih mendalam, Sahabat Awan akan semakin merenung dan menjadi manusia lebih baik.

Ketiga, melakukan ibadah i’tikaf (berdiam diri dengan niat ibadah) di masjid. Meskipun hukumnya sunnah muakkad, melakukan i’tikaf saat 10 hari terakhir Ramadan mempertinggi peluang mendapatkan Lailatul Qadar.

itikaf di masjid
foto: Mosquegrapher/UNSPLASH

Keempat, memperbanyak ibadah kepada Allah SWT di malam hari dengan niat ikhlas sehingga dosa-dosa kita bisa terampuni. Misalnya saja menjaga sholat isya dan subuh yang dilanjutkan tarawih berjamaah, minimal membaca 100 ayat Al-Quran tiap malam, memanjatkan dzikir dan istighfar di malam hari sampai membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah.

Kelima, menurut Al-Hafizh Ibnu Rajab Al-Hambali, pada malam yang diduga sebagai Malam Seribu Bulan turun, umat Islam disunnahkan untuk membersihkan diri, menggunakan wewangian dan memakai pakaian yang bagus.

Nah, jika Sahabat Awan menerapkan kelima hal di atas secara ikhlas dan memang berniat mengharapkan berkah dari Allah SWT, bukan tak mungkin kalau salah satu di antara kita memperoleh karunia luar biasa dari Lailatul Qadar

Semoga, itu menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi yak!

Posting Komentar

0 Komentar