Usai Sakit Sulit Bekerja Efisien? Tips ini Bisa Dicoba!

meningkatkan produktivitas kerja
foto: Carl Heyerdahl/UNSPLASH

Sahabat Awan, yang namanya kondisi sakit memang tak pernah menyenangkan entah terkena penyakit tertentu, atau mengalami musibah dan harus beristirahat lama. Hal itulah yang kualami kala kaki kiriku patah dan harus dioperasi akhir Februari 2023 ini.

Praktis, hidupku berubah drastis.

Aku yang biasa berjalan normal, harus rela tertatih dan tak boleh menapak dengan kaki kiri selama enam pekan. Bahkan minimal tiga bulan ke depan, aku harus belajar berjalan dengan dua tongkat. Karena musibah ini, tidur adalah kegiatanku sehari-hari.

operasi patah kaki
kondisi kaki kiri usai dioperasi foto: dokumen pribadi

Sebetulnya bedrest usai inap rumah sakit bukan hal asing bagiku. Satu dekade terakhir, aku sudah dua kali dirawat karena penyakit tipes. Kalau menurut kalian rehat di rumah sakit itu menyenangkan, jawabannya adalah salah besar. Dirawat dan harus rehat dalam waktu lama sangatlah membosankan.

Apalagi setelah pemulihan usai, mengembalikan semangat produktivitas kerja adalah sesuatu yang sangat berat. Namun Sahabat Awan tak perlu cemas, karena ada rahasia yang bisa dicoba.

3 Tips Bekerja Produktif Buat Kamu yang Sembuh dari Sakit


Pada dasarnya masalah utama mereka yang usai sakit dan harus kembali melakukan kewajiban profesional adalah anjloknya efisiensi kerja. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa membuat kinerja memburuk.

Supaya tidak mengalami hal seperti itu, tips-tips berikut dapat Sahabat Awan terapkan:

aktivitas online di rumah
foto: Ian Dooley/UNSPLASH

1. Tentukan Tujuan, Hilangkan Distraksi

Hal pertama sekaligus mendasar agar bisa bekerja efisien adalah wajih menentukan tujuan dan menghilangkan distraksi. Setelah kita sakit, tentu akan ada penyesuaian dalam hidup dan muncul tujuan baru.

Nah, tujuan baru ini harus ditetapkan di awal supaya kita semangat mewujudkannya. Pastikan tujuan itu realistis dan hindari berbagai distraksi yang bakal mengganggu proses meraih tujuan tersebut. Dengan begitu kalian tak akan menghabiskan waktu untuk bengong sehingga kinerja makin efisien.

2. Manajemen Waktu dan Lingkungan

Bagi blogger dan scriptwriter sepertiku yang memang lekat dengan aktivitas online, harus kembali berjibaku dengan deadline usai sakit lama adalah perjuangan. Namun tips yang bisa Sahabat Awan coba adalah perbaiki manajemen waktu sekaligus lingkungan kerja.

Biasakan tidak menumpuk pekerjaan dan membagi waktu kerja sesuai dengan tingkat kesulitannya. Misal, menulis artikel yang butuh riset berat dikerjaan saat pagi, dan melanjutkan tulisan fiksi di sore hari. Dibantu dengan lingkungan kerja yang rapi, tenang dan nyaman, bekerja produktif usai sakit tidaklah mustahil.

3. Wajib Pakai Internet yang Cepat dan Stabil

Yap, inilah tips terakhir agar produktivitas kerja meningkat dan tetap stabil usai sakit berkepanjangan. Karena bagaimanapun, jaringan internet yang tak pernah bermasalah akan membuat pekerjaan makin mudah.

Lebih lagi freelancer online sepertiku, internet cepat sama pentingnya seperti oksigen. Untuk mewujudkannya, akupun memilih IndiHome. Dengan IndiHome, mengakses dan mengolah data secara online begitu mudah dilalukan sehingga kita bisa bekerja efisien.

Provider Internet IndiHome, Jaminan Internet Berkualitas

kantor Telkom Indonesia
situasi kantor IndiHome foto; riau24

Bagiku, IndiHome bukanlah sesuatu yang asing. Sejak masih menggunakan nama Speedy, aku sudah berlangganan produk internet unggulan Telkom Indonesia itu. Kini dengan jaringan fiber berkualitas, IndiHome adalah tandem terbaik bekerja di rumah.

Apalagi ketika aku harus membuat artikel yang membutuhkan riset mendalam di berbagai website, seperti melakukan review gadget dan harus 'tenggelam' di berbagai situs perbandingan harga, jaringan internet yang lelet jelas bikin frustasi.

Misalkan saja aku harus membuka beberapa tab halaman browser untuk website Pricebook, jika internet yang kupakai bermasalah dan loading lambat, akan membuat mood bekerja hancur. Lebih lagi kalau terjadi saat aku ingin bersemangat kerja usai lama terbaring sakit, bisa-bisa aku jadi 'tantrum' tanpa sebab dan pekerjaan tak mampu memenuhi deadline.

Beruntung, IndiHome dari Telkom Indonesia tidak membuatku mengalami hal itu. Bertahun-tahun menjasi pelanggan, IndiHome selalu memberikan jaringan internet terbaik dengan biaya terjangkau dan aneka fitur variatif. IndiHome membantuku meraih cuan dari rumah dan kembali semangat bekerja usai sakit.
paket internet cepat dari IndiHome
Nah, gimana Sahabat Awan? Terbukti kan kalau kembali bekerja efisien usai sakit bukanlah masalah asal bersama IndiHome. Untuk itu buat kalian yang sudah sehat dan harus kerja lagi usai sakit berkepanjangan, tiga tips di atas dapat dilakukan.

Tetap semangat, ya!

Posting Komentar

23 Komentar

  1. Semoga lekas pulih kembali dan beraktivitas seperti biasanya,ya, Mbak.
    Setuju, semua aktivitas online apapun bisa lebih cepat dan efisien dengan dukungan internet yang lancar. Bersyukur banget selama ini saya bisa dibantu oleh IndiHome untuk bekerja secara online.

    BalasHapus
  2. Sehat selalu ya Kak Arai
    Semoga setelah pulih kembali produktif ya dengan bantuan internet yang cepat dan stabil dalam kerjanya

    BalasHapus
  3. abis sakit ya kak, semoga cepat sehat. pastinya mesti pakai internet yang cepat kalau kerja sehabis sakit agar kerjaan lebih lancar

    BalasHapus
  4. Salah satu karunia hidup itu adalah terus diberi kesehatan ya, Mbak. Dengan sehat terus maka kita terus beraktivitas. Namun, Insya Allah selalu ada jalan untuk memudahkan. Misalnya Mbak Arai kakinya belum sembuh, tetap bisa bekerja dari rumah dengan dukungan internet cepat.

    BalasHapus
  5. Masya Allah, masih semangat buat kerja y :) bersyukur banget udah ada internet cepat gini jadi kerja kondisi apa aja, semoga bisa dimudahkan ya, keren tipsnya

    BalasHapus
  6. semangat kak.. saya juga pernah bekerja kembali setelah sakit. asli memang butuh semangat lebih yaa terutama banyak distraksi pikiran juga

    BalasHapus
  7. Semangat selalu Kak Arai, pasti bisa. Sabar selalu. Pastinya juga tetap produktif, apalagi sudah ada internet cepat kayak IndiHome, bisa bikin produktif dari rumah. (Sugianto)

    BalasHapus
  8. Semoga lekas membaik kakak. bisa dijadiin pembelajaran buat lebih hati-hati. Untung ada IndiHome ya, bisa tetap produktif darimana saja.

    BalasHapus
  9. Lekas pulih dan kembali sedia kala ya kak.
    Produktif bisa dari mana saja ya kak, yang penting punya kuncinya nih, yaitu internet yang stabil

    BalasHapus
  10. Aku yg sering jd masalah adalah diatraksi hehe. Anw, get well really soon ya mbaakk 🍀

    BalasHapus
  11. Semoga lekas pulih ya Kak, tetap semangat selalu. Kehadiran internet cepat dan stabil memang banyak manfaatnya, kita tetep bisa produktif ataupun bekerja meskipun di rumah saja 😊

    BalasHapus
  12. Lekas pulihhh ya kak Araii, semoga internet bisa jadi pelipur lara hihi
    alhamdulillah yaa skrg bisa kemana mana meskipun raga tetap di tempat. berkat internet dari IndiHome tentunyaa

    BalasHapus
  13. Semoga cepat sembuh ya. Kak Arai pasti tetap produktif dengan tulisan2 kakak yang kece badai.. pastinya karena ada IndiHome..

    BalasHapus
  14. Makasih kak tipsnya, kalau saya habis sakit yang paling susah manajemen waktu, sering bablas jadi banyak kerjaan yang gak selesai

    BalasHapus
  15. Setuju banget deh sama poin manajemen waktu ini karena akan membantu masa-masa pemulihan setelah sakit jadi kerja tetap bisa efesien dan efektif. Karena, bagaimanapun ketika sakit tubuh perlu istirahat yang cukup agar benar-benar sehat.

    BalasHapus
  16. Lekas sembuh dan bisa beraktivitas lagi ya kak.
    Manajemen waktu yng agak sulit kak, terkadang ada saja halanganya sampe kebablasan.

    BalasHapus
  17. MasyaAllah, semoga lekas pulih dan bisa kembali produktif lagi ya kak. relate banget sih dengan aku yang juga pernah sakit cukup parah sampai hiatus dari dunia kepenulisan hampir setahun. untungnya di 6 bulan pertama karena masih tahap uji dan observasi, aku masih kerja dan kebantu banget dengan adanya internet lancar dirumah. fase 6 bulan selanjutnya aku total bed rest pasca operasi. apa yang aku lakukan? karena harus rebahan terus, yaa hanya bisa nonton netflix dan podcast aja. nah internet ini yang paling bantu banget sih jadi gak depresi pasca sakit.

    BalasHapus
  18. Wah, lekas pulih ya mbak
    Kalau habis sakit emang butuh hiburan dulu sebelum balik kerja lagi ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul. Semoga lekas pulih ya mbak. Kalau udah pulih bisa kerja dengan efisien ya soalnya internetnya udah ngebutttt.

      Hapus
  19. Duh, kakak, semoga cepat sembuh dan pulih seperti sediakala ya. Tetap semangat. Selama masih bisa berkarya, terus berkarya ya, kan bisa secara online ngerjainnya

    BalasHapus
  20. manajemen waktu memang kunci ya kak, meskipun terasa kejar-kejaran tapi kalau pembagiannya pas yaa tetep bisa istirahat, btw semoga segera membaik yaa kak

    BalasHapus
  21. Kalau sudah profesional kayak kak Arai gini, mau panas terik hujan badai, namanya komitmen dan pekerjaan kudu banget diselesaikan. Luar biasa banget, kak..
    Dan yang paling happy, selalu ada kemudahan dan solusi di setiap kesulitan, yakni jaringan internet yang lancar.

    Lekas sehat dan fit kembali ya, kak Arai..
    Range ijo yang senang berada di atas awan.

    You're so SWAG!

    BalasHapus
  22. huuuuu, lekas pulih yaa Kak Araiiiiii. Kalau abis sakit tuh emang bener2 mesti set goal dan to do list, biar ga mikir sakit mulu jg ya kak, no sedih sedih club hehe

    tentu bantuan internet cepat juga bisa ngebantu good mood, biar ga senewen pas kerja tapi masih sakit hihi

    BalasHapus