6 Keunggulan ASUS ROG Phone 8, Identitas Baru Gamers Masa Kini

ASUS ROG Phone 8
ASUS ROG Phone 8 foto: ASUS Indonesia

Sahabat Awan, sebagai produsen gawai terkemuka ASUS memang sudah dikenal sejak lama dalam memanjakan para pecinta game lewat brand khusus gaming device mereka yakni ROG (Republic of Gamers). Ada dua yang selalu menonjol dalam keluarga besar ROG yakni perangkat laptop dan smartphone.

Khusus untuk ponsel, ROG Phone tak pernah gagal dalam menggoda para gamers.

Sahabat Awan mungkin masih ingat saat ASUS merilis ROG Phone 7 Series pada April 2023 silam? Betapa ponsel itu dianggap sebagai ponsel gaming terbaik? Kini kurang dari setahun kemudian, tepatnya pada awal Januari 2024, ASUS mengenalkan produk unggulan terbarunya lewat seri terbaru ROG Phone 8.

Dalam ajang tahunan CES (Consumer Electronic Show) 2024 di Taiwan, ASUS membawa ROG Phone 8 yang digadang-gadang bakal jadi pemimpin teknologi mobile gaming saat ini. Menawarkan sejumlah keunggulan, tidak butuh waktu lama bagi ROG Phone 8 untuk jadi sang game changer dalam industri smartphone gaming global.

Bakal semonster apakah ROG Phone 8? Sahabat Awan harus menyimaknya satu-persatu.

1. Lebih dari Gaming

Meskipun menjadi smartphone teratas dalam dunia gaming, ASUS tak mudah puas. Terbukti ROG Phone 8 hadir dengan desain baru sekaligus mempertahankan statusnya sebagai ponsel gaming paling sempurna. Desain ini membuat body ponsel jadi 15% lebih tipis dari generasi sebelumnya, lebih ringan, tapi tetap tampil super premium. Inovasi ini akan membuat ROG Phone 8 lebih dari sekadar ponsel gaming.

Karena itulah, ROG Phone 8 bakal menembus batas tak cuma diperuntukkan eksklusif untuk para gamers atau streamer saja, tapi pilihan terbaik bagi mereka para penggemar teknologi hingga content creator. Apalagi ini adalah smartphone gaming pertama di dunia yang memenuhi standar IP68, yang dibuat untuk tahan terhadap debu dan air sehingga Sahabat Awan bisa membawanya tanpa cemas ke mana saja.

2. Performa Tak Terkendali

Konfigurasi lensa kamera ASUS ROG Phone 8
Konfigurasi lensa kamera ASUS ROG Phone 8 foto: ASUS Indonesia

Apa yang membuat ROG ini menjadi ‘monster’ dalam dunia gaming adalah performa yang diperoleh berkat sejumlah komponen berkualitas tinggi. Hal itu juga yang dilakukan ASUS pada ROG Phone 8, dengan menyematkan Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh, didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0 untuk kinerja yang tak tertandingi.

Komponen ‘otak’ ini menjadikan ROG Phone 8 menjalankan sesi gaming maraton tanpa panas berlebih. Diperkuat dengan desain termal GameCool 8 revolusioner yakni Rapid-Cooling Conductor, membuat ponsel ini bisa mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang.

Belum lagi keberadaan pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru yang hadir dengan ukuran 29% lebih kecil, mampu menggenjot efisiensi termal jadi 1,2X lebih tinggi, sehingga dapat mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C. Intinya, ROG Phone 8 tidak akan mudah panas, nyaman dipakai dalam waktu lama dengan kemampuan terbaiknya, serta sudah pasti performanya tidak terkendali.

3. Ultra-Bright Display

Desain premium, performa kualitas teratas, ASUS tak akan berhenti di sana. Kalian bisa terpesona dengan ultra-bright display yang dimiliki ROG Phone 8 berkat panel terbaru AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6). Layar ini mendukung kecepatan refresh adaptif menggunakan teknologi LTPO. Sehingga membuat sistem dapat menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz, tergantung kebutuhan untuk mengurangi konsumsi daya.

Kalian bisa memilih hingga kecepatan refresh 165 Hz untuk bermain game yang lancar, dan kecepatan sampling sentuh hingga 720 Hz untuk respons instan menakjubkan. Tak perlu cemas saat memakai ROG Phone 8 di bawah sinar matahari, karena tingkat kecerahan tertinggi jadi 2500 nits. Menggaet perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks®, menjadikan layar ROG Phone 8 punya akurasi warna terbaik di Bumi. Sungguh ultra-bright display!

4. Sistem Kamera Level Profesional

Kamera ASUS ROG Phone 8
Kamera ASUS ROG Phone 8 foto: ASUS Indonesia

Kecanggihan tri-camera system dan teknologi OZO Audio dalam ROG Phone 8, memungkinkan Sahabat Awan bisa menghilangkan suara angin untuk rekaman luar ruangan yang jernih. Tak hanya itu saja ponsel ini juga bisa menangkap 3D Surround spatial audio dengan ketepatan tinggi menjadikannya sebagai teman terbaik para pemuja konten.

Untuk kamera utamanya, ASUS memasang sensor gambar Sony 50 MP terbaru untuk menghasilkan gambar yang jernih. Dengan lensa sudut lebar 24 mm, memotret keramaian jalan yang dinamis bukanlah masalah. Fitur mode zoom 2X mampu mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna, ideal untuk kalian food vlogger atau sekadar streetphoto, maupun memang suka memotret konvensional.

Disempurnakan dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, membuat ROG Phone 8 menghasilkan rekaman video yang lebih mulus dan foto yang bebas guncangan dan ideal untuk fotografi rendah cahaya.

Untuk pertama kalinya, seri ROG Phone 8 menggunakan lensa telefoto 3X yang memungkinkan pengambilan gambar objek yang jauh. Lensa ini dilengkapi dengan OIS internal sehingga memberikan hasil yang jernih dan tajam, bahkan dalam mode Night Photography. Keberadaan teknologi ASUS HyperClarity, membuat ponsel ini bisa memproduksi file yang belum diproses (RAW), sehingga mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X.

Sedangkan untuk lensa kamera belakang terakhir, ASUS memasang lensa ultrawide 12 MP yang mampu mengurangi distorsi berkat free-form dan algoritma canggih. Berpindah ke kamera selfie, ROG Phone 8 dilengkapi dengan lensa ultrawide 32 MP yang memiliki FOV (Field of View) alias bidang pandang yang telah ditingkatkan dari 73° menjadi 90°. Artinya, kalian bisa selfie ramai-ramai tanpa perlu terpotong. Keren, kan?

5. Segala Fitur Disempurnakan AI

Teknologi AI (Artificial Intelligence) alias Kecerdasan Buatan sebagai tanda kekinian jelas tak mungkin absen dari ROG Phone 8. Setidaknya ada empat fitur AI utama yang dibenamkan ASUS untuk memberikan pengamalan gaming ke level tertinggi yakni:
  • Background Mode: Memindahkan game ke latar belakang
  • X Capture: Menangkap momen penting saat gaming
  • AI Grabber: Menangkap teks langsung dari game lewat teknologi Machine-Learning Recognition
  • X Sense: Memberi tips dan bantuan saat gaming berkat teknologi AI Pattern Recognition
Tak cuma memanjakan gamers, sejumlah fitur AI lain dalam ROG Phone 8 juga akan bisa membuat Sahabat Awan mupeng berat seperti Semantic Search lewat penggunaan bahasa alami di menu GALERI, LAUNCHER dan PENGATURAN. Terakhir, nikmati juga teknologi AI Noise-Cancellation yang mampu meredam kebisingan dua arah sehingga kalian mendapat suara sejernih kristal saat panggilan suara, video atau komunikasi saat gaming.

6. AniMe Vision

Tampilan layar AniMe Vision ASUS ROG Phone 8
Tampilan layar AniMe Vision ASUS ROG Phone 8 foto: ASUS Indonesia

Terakhir keunggulan dari ROG Phone 8 ini adalah keberadaan logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED AniMe Vision (ROG Phone 8 Pro/Pro Edition), yang memungkinkan kalian untuk mengekspresikan individualitas dan kreativitas. Sekadar informasi, AniMe Vision adalah layar 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang bisa kalian atur secara manual.

Yang istimewa, sesama pengguna ASUS ROG Phone 8 Pro/Pro Edition, bisa saling membuka kunci animasi rahasia, lewat menempelkan punggung kedua ponsel. Gimana? Super keren bukan?

Jadi, Berapa Sih Harga ASUS ROG Phone 8 di Indonesia?

Setelah penantian cukup lama, @asusrog.id akhirnya resmi merilis ASUS ROG Phone 8 di Indonesia pada hari Rabu (20/3) siang. Digelar di FX Sudirman, Jakarta Selatan, ROG Phone 8 yang rilis di Tanah Air dibanderol dalam empat harga berbeda.

Harga dan Ketersediaan ASUS ROG Phone 8:
  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp10.999.000
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp19.999.000
Yang menggembirakannya lagi, ASUS rupanya menawarkan sejumlah promo menarik dalam perilisan ROG Phone 8. Setidaknya ada dua jenis promo yang bisa Sahabat Awan pilih yaitu:

1. First Sale Promo: Dapatkan free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp10.999.000. Promo ini berlaku mulai tanggal 20 Maret hingga 30 April 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS baik offline (Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners) maupun online (Eraspace, Tokopedia,  Blibli dan Asus Online Store).

2. Consumer Launch Sales Promo: Dapatkan free Aero Cooler Fan + free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp10.999.000. Promo ini hanya berlaku di offline event di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.

Jadi tunggu apalagi? Gunakan THR kalian untuk segera berburu ASUS ROG Phone 8 kesayangan!


“Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition

إرسال تعليق

0 تعليقات