Waspada Gonore, Penyakit Menular Seksual yang Bisa Serang Pria dan Wanita

gonore kencing nanah
Sahabat Awan, tinggal di kota pendidikan seperti Malang memang menyenangkan.

Salah satu keunggulannya adalah ada banyak sekali sentra-sentra kuliner berharga murah yang dijejali generasi muda.

Hanya saja status sebagai kota pendidikan juga selalu dihantui dengan ancaman pergaulan yang terlalu bebas. Terutama jika bicara pada kegiatan seks bebas, kota-kota pendidikan selalu menempati posisi teratas.

Sindonews pada Maret 2022 kemarin melaporkan bahwa dua kota pendidikan ada di posisi teratas dengan jumlah seks bebas tertinggi di Indonesia. Kedua kota itu adalah Yogyakarta dan Bandung, yang bahkan mengalahkan ibukota negeri ini, Jakarta.

Fakta ini tentu wajib menjadi perhatian masyarakat secara luas karena kegiatan seks bebas bisa memicu kondisi yang lebih berbahaya yakni PMS (Penyakit Menular Seksual). Dari banyaknya PMS yang mengintai, salah satu yang patut diwaspadai betul adalah gonore atau kencing nanah.

Berkenalan dengan Gonore


Gonore adalah penyakit menular seksual yang bisa diderita baik laki-laki maupun perempuan. Bakteri Neisseria Gonorrhoeae atau Gonococcus adalah bakteri yang disebut sebagai pemicu kencing nanah. Bakteri ini bisa dibilang berbahaya karena bisa menyerang bagian uretra (saluran kencing dan sperma) pada laki-laki, atau serviks (leher rahim) pada perempuan. Tak hanya itu saja, bakteri Gonococcus juga bisa menyerang dubur, mata hingga tenggorokan.

Pasangan yang sering melakukan hubungan seks secara vaginal, oral hingga anal berpeluang untuk terjangkit gonore. Bagi perempuan hamil yang terinfeksi gonore, bayi yang kelak dilahirkan juga bisa menjadi penderita dan paling sering menjangkiti bagian mata.

Penyebab dan Gejala Penyakit Gonore


Sahabat Awan tentu sudah tahu bahwa penyakit gonore ini disebabkan oleh bakteri. Hanya saja bagaimana bisa bakteri itu muncul dan membuat bakteri masuk ke dalam tubuh? Berikut beberapa hal pemicu, sekaligus faktor risikonya:
  • Aktif secara seksual dan seringkali ganti pasangan seks
  • Berhubungan intim dengan pasangan yang punya banyak pasangan seks
  • Berhubungan seks tanpa memakai kondom
  • Menggunakan mainan seks yang sudah terkontaminasi bakteri Gonococcus
  • Tidak menjaga kebersihan alat kelamin
Tentu saja jika Sahabat Awan memiliki faktor-faktor risiko yang bisa menyebabkan kencing nanah, ada baiknya waspada dan melakukan sejumlah pemeriksaan ke klinik kesehatan. Apalagi jika sudah muncul beberapa gejala seperti ini:
  • Ada nanah berwarna putih, kuning, krem atau hijau yang keluar dari penis
  • Sering buang air kecil
  • Terasa nyeri, sakit dan sensasi terbakar saat hendak buang air kecil
  • Muncul bengkak di bagian testis atau kulup penis (preputium)
  • Nyeri pada bagian dubur (anus), terutama setelah melakukan anal seks
  • Pada perempuan yang terjangkit gonore, akan muncul keputihan berwarna tidak wajar (kental, berair, agak kehijauan). Bahkan di beberapa kasus, muncul bercak dan pendarahan padahal tidak sedang mensturasi
  • Pembengkakan di bagian vulva (bagian luar vagina) yang biasanya diiringi nyeri pada perut bagian bawah alias panggul
  • Muncul sensasi terbakar di tenggorokan usai melakukan oral seks
Jika dibiarkan, perempuan hamil yang mengalami penyakit kencing nanah juga bisa membahayakan kehamilannya. Mulai dari kejadian keguguran, radang panggul, persalinan yang prematur, infeksi ketuban, ketuban jadi pecah dini hingga kehamilan di luar rahim.

Lantaran sangat berbahaya itulah, para penderita gonore yang sudah mengalami gejala-gejala di atas memang ada baiknya untuk segera menghubungi klinik kesehatan.

Pengobatan Penyakit Gonore Bersama Klinik Pandawa


Untuk bisa memastikan seseorang terjangkit bakteri penyebab gonore di tubuhnya, memang ada sejumlah tes yang wajib dilakukan. Mulai dari tes urine supaya tahu bakteri ada di uretra, tes darah agar bisa mengidentifikasi infeksi sudah menyebar ke saluran darah, sampai pemeriksaan sampel cairan pada bagian-bagian tubuh yang terpapar mengalami gonore.

Jika memang pasien positif mengidap gonore, dokter biasanya memberikan suntikan antibiotik, obat oral, sampai anjuran tidak melakukan aktivitas seksual hingga dinyatakan sembuh.

Lantaran begitu tingginya pasien gonore di kota-kota besar yang memiliki gaya hidup bebas, keberadaan instansi kesehatan yang memang concern pada penyakit kelamin begitu diperlukan.

Beruntung bagi Sahabat Awan yang ada di Jakarta, kini ada Klinik Pandawa.

Sudah berdiri sejak tahun 2012, Klinik Pandawa yang didirikan oleh para tenaga medis ahli yang berkaitan dengan penyakit andrologi, ginekologi, bedah, kulit dan kelamin ini memang terpercaya. Selama satu dekade, Klinik Pandawa sudah terbukti legalitasnya berkat mengantongi izin operasional resmi dari PTSP dan Sudinkes Jakarta Pusat. Bahkan Klinik Pandawa juga sudah berbadan hukum dan memiliki surat keputusan dari Menkumham.

Dengan jaminan harga, mutu pelayanan medis dan tentunya kerahasiaan rekam medis pasien, Klinik Pandawa adalah solusi terbaik dengan aneka fasilitas lengkap yang berada di lokasi strategis yakni di Gedung Baja Tower B, Mangga Dua Selatan, Jakarta Pusat.

إرسال تعليق

0 تعليقات