Selain World Cup, Ternyata Ini Lho 5 Jenis Piala Bergengsi Lain di Sepakbola

jenis-jenis piala sepakbola
© Fauzan Saari/UNSPLASH

Kalau bicara soal olahraga paling favorit di dunia, tentu Sahabat Awan sangat sepakat jika sepakbola adalah jawabannya. Konon menurut perkiraan seperti dilansir Detik, setidaknya ada empat miliar penggemar sepakbola di seluruh Bumi ini yang menjadikannya sangat luar biasa populer. Rasa-rasanya hampir setiap kompetisi sepakbola entah dalam skala apapun, selalu menghadirkan riuh dari banyak orang yang tergila-gila.

Saya sendiri sebetulnya bukanlah orang yang fanatik terhadap sepakbola. Meskipun begitu lahir sebagai anak perempuan satu-satunya dalam keluarga, Ayah dan kedua saudara laki-laki saya bahkan Ibu saya, cukup suka menonton sepakbola. Apalagi pada tahun 2022 ini, Piala Dunia alias FIFA World Cup akan kembali digelar. Dilangsungkan pada November-Desember 2022, Piala Dunia yang bakal bertempat di Qatar akan menjadi pusat perhatian penggila bola sedunia.

Sama halnya seperti Academy Awards yang memperebutkan Piala Oscar sebagai ajang paling prestisius bagi para sineas di ranah global, begitu pula dengan FIFA World Cup bagi pada pemain dan penggemar sepakbola. Sebuah kebanggaan tentunya bisa membawa pulang trofi Jules Rimet ke negara sendiri setelah berhasil keluar jadi juara Piala Dunia, seperti yang dilakukan Prancis dalam Piala Dunia Rusia 2018 silam.

Namun apakah Sahabat Awan tahu, bahwa sebetulnya ada banyak sekali jenis-jenis piala sepakbola yang siap diperebutkan oleh setiap tim atau pemain bola, bukan hanya sang Coupe du Monde saja. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya yang wajib kalian ketahui:

1. UEFA Champions League

The Big Ears
The Big Ears © Forza Italian Football 

Bisa dibilang ini adalah kompetisi sepakbola paling bergengsi setelah FIFA World Cup. UEFA Champions League adalah Liga Champions Eropa yang melibatkan klub-klub teratas di benua Eropa. Pertama kali digelar pada tahun 1955 dan kemudian formatnya diperbaharui FIFA di tahun 1992, setidaknya ada total 78 klub yang terlibat untuk memperebutkan Piala The Big Ears (Sang Telinga Besar) setiap tahunnya.

Sebagai ajang prestisius, hanya klub-klub yang berhasil menjadi juara di liga domestik masing-masing dan pemegang juara pada tahun berjalan yang boleh ikut Liga Champions Eropa. Untuk gelaran 2022 ini, adalah Real Madrid dari Spanyol yang menjadi juara sekaligus peraih piala Liga Champions Eropa terbanyak.

2. Kejuaraan Eropa EURO

piala Kejuaraan Eropa EURO
piala Kejuaraan Eropa EURO © Marca

Di posisi kedua untuk jenis-jenis piala sepakbola paling bergengsi di dunia berasal dari ajang Kejuaraan Eropa EURO. Sama halnya seperti World Cup, Kejuaraan Eropa EURO juga melibatkan tim-tim sepakbola antar negara tapi hanya di benua Eropa saja. Nama piala untuk ajang EURO adalah trofi Henri Delaunay yang merupakan Sekjen pertama UEFA.

Digelar untuk pertama kali pada tahun 1960 di Prancis dengan Uni Soviet sebagai pemenangnya, hingga saat ini sudah enam belas kali Kejuaraan Eropa EURO dilangsungkan. Dalam kompetisi terakhir di tahun 2020 lalu, Italia keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Inggris.

3. Copa Libertadores

Piala Copa Libertadores
Piala Copa Libertadores © These Football Times


Sebagai benua di mana banyak bakat-bakat sepakbola dunia berasal, Amerika Selatan dan Meksiko punya kompetisi yang cukup bergengsi dan dinanti yakni Copa Libertadores. Digulirkan oleh CONMEBOL sejak tahun 1960, ajang ini dianggap sekelas dengan Liga Champions Eropa sekaligus perebutan piala sepakbola bergengsi dunia yang tidak boleh dilewatkan para penggemar bola.

Juara dari ajang ini akan berhak atas tiket Piala Dunia Antar Klub (Piala Interkontinental). Adalah klub Independiente dari Argentina yang sejauh ini mengantongi gelar Copa Libertadores terbanyak.

4. Ballon d’Or

Piala Ballon d'Or
Piala Ballon d'Or via Cerita Bola

Berbeda dengan jenis-jenis piala sepakbola sebelumnya yang diperebutkan antar klub atau negara, Ballon d’Or adalah piala dalam dunia sepakbola global yang diperebutkan oleh sang atlet secara individu. Para peraih trofi Bola Emas ini berhak atas statusnya sebagai pemain sepakbola terbaik di dunia. Digagas oleh Gabriel Hanot yang merupakan penulis majalah France Football, Ballon d’Or pertama kali diberikan kepada Stanley Matthews dari klub Inggris Blackpool di tahun 1956 silam.

Pada tahun 2010 hingga 2015, penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA selalu digabungkan dengan Ballon d’Or yang membuatnya masuk kategori jenis-jenis piala sepakbola paling prestisius. Kendati sejak 2016 sudah jadi milik France Football kembali, trofi Bola Emas tetaplah jadi idaman para atlet sepakbola dunia. Terakhir kali pemenang Ballon d’Or adalah Lionel Messi dari klub Paris Saint-Germain di tahun 2021. Sedangkan tahun 2022 ini, Karim Benzema dari klub Real Madrid digadang-gadang sebagai calon terkuat.

5. The Best FIFA

piala The Best FIFA Awards
piala The Best FIFA Awards © Getty Images/Pool

Sama seperti Ballon d’Or, The Best FIFA juga dianggap sebagai jenis-jenis piala sepakbola yang paling diburu karena hanya diberikan kepada para atlet sepakbola terbaik dunia. Dalam penghargaan ini, penilaian terbaik diberikan oleh FIFA yang melibatkan 13 juri dalam memilih 10 nama atlet sepakbola global di setiap akhir musimnya. Gelar terbaik hanya berhak diberikan kepada pemain yang memiliki performa memuaskan baik di klub dan timnas.

Sejak digelar pada tahun 2017 lalu, Cristiano Ronaldo dan Robert Lewandowski meraih dua gelar yang sama selama dua tahun penghargaan berturut-turut.

Bagaimana Sahabat Awan? Menarik sekali bukan membahas jenis-jenis piala sepakbola yang ternyata ada banyak sekali jenisnya? Tentu informasi ini akan sangat berguna buat kalian yang memang sudah gila bola sejak dulu, maupun yang kini siap untuk menyambut hingar-bingar sepakbola jelang Piala Dunia 2022 di Qatar nanti.

إرسال تعليق

0 تعليقات